Lepas Jadi Menteri, Anies B Antar Anak Naik Motor

Lepas Jadi Menteri, Anies B Antar Anak Naik Motor

Betapa bersahajanya mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang baru saja di ganti Prof. Muhadjir Effendy. Belakangan diketahui kegiatan Anies Baswedan saat ini hanya berkutit pada keluarganya saja. Benar saja pada saat hari pertama anaknya sekolah, ia menyempatkan untuk mengantar sampai sekolah. Bahkan terlihat Anies mengantarkan Kaisar Hakam, anak ketiganya yang duduk di kelas 6 SD menggunakan motor matic.
Anies B Antar Anak Naik Motor
Di foto terlihat Anies tidak menggunakan mobil tapi menggunakan motor matic seperti motor masyarakat pada umumnya. Dengan menggunakan helm lengkap serta spion di kiri kanannya ayah dan anak ini meluncur melewati kemacetan kota Jakarta. Di saat orang tua/wali lainnya mengantarkan anaknya memakai mobil, Anies terlihat sangat bersahaja dengan motor yang boleh dibilang motor biasa.

Anies menggunakan jaket hitam, sementara anaknya Kaisar hanya menggunakan pakaian seragam namun memakai helm. Kaisar berpegangan erat ke ayahnya sambil menggendong tas dan boks berisi alat musik pianika.

Sekolah Kaisar berada di wilayah Cinere, namun seperti anda tahu kediaman Anies berada di Lebak Bulus. Jaraknya sekitar 8 kilometer antara sekolah dan rumahnya.

Saat ditanya mengapa Anies memilih kendaraan motor untuk mengantar anaknya, ia tampak tersenyum.

“Naik motor karena lalu lintas dari Lebak Bulus ke Cinere amat padat. Jaraknya sekitar 8 kilometer. Naik motor saja perlu waktu 45 menit. Kalau naik mobil lebih lama lagi” jawabnya saat akan berangkat menuju sekolah jam 06:40 WIB.

Sesampainya di sekolah Kaisar, ia lalu bersalaman dengan semua guru yang sudah hadir sebelum upacara bendera tiap hari senin dilaksanakan. Tak lupa Wali kelas Kaisar memberikan kertas yang merupakan panduan untuk orang tua murid kepada Anies. Edaran itu adalah salah satu instrumen yang diberikan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Unik juga rasanya menerima kit parenting dari direktorat yang dulu kami gagas di Kemdikbud. Kementrian memang harus ikut menyiapkan bahan untuk dipakai orang tua dalam mendidik anaknya” terang Anies.

Kala masih menjabat, Anies mengeluarkan kebijakan agar para orang tua murid mengantar anaknya di hari pertama sekolah. Dan tugas itu dilaksanakannya sebagai contoh saat mengantarkan anaknya sampai sekolah.

Nyatanya, sewaktu menjabat Menteri, Anies sering mengantar anak-anak menggunakan sepeda motor. Hingga kini, ia tetap mengantar anak-anaknya naik motor namun terkadang menggunakan taksi.

Kebijakan yang di keluarkan era Anies sebetulnya banyak terobosan yang membangun. Bahkan banyak kebijakan tak membuat kontroversial seperti menteri yang lainnya. Namun, entah bagaimana, Presiden Joko Widodo merasa Anies masih belum maksimal dan diganti oleh Prof. Muhadjir Effendy.

Semoga, perombakan yang terjadi dapat menjadikan Indonesia lebih baik.

Share this post

Post Comment