Berencana Mengubah Karier di Usia 30?

Berencana Mengubah Karier di Usia 30?

Dari sekian banyak orang memilih karier dan jurusan kuliah di masa muda. Sebagai seseorang yang masih bertumbuh, terkadang Anda tidak mengetahui apa yang benar-benar diinginkan untuk menjalani hidup. Tanpa kita sadari setelah Anda menginjak usia 30, atau hampir mendekati, Apakah kita mengetahui apa yang benar-benar diinginkan untuk menjalani hidup. Usia 30-an merupakan awal periode tengah baya. Anda cenderung melihat peristiwa-peristiwa penting dalam hidup saat ini seolah “memaksa” Anda mengadakan penataan kembali atas tujuan hidup Anda. Sebagai langkah awal, pikirkan kembali apa tujuan hidup Anda. Ini akan memudahkan Anda menentukan prioritas pilihan karier/kerja setelahnya.

– Mengapa saya harus bekerja?
– Apa saja yang telah saya capai dalam hidup? Apa lagi yang ingin saya capai?
– Cara-cara apa saja yang dapat saya lakukan untuk mendapatkan, merasakan, dan mengalami karier/pekerjaan yang lebih berarti?

Apakah usia Anda menginjak 30, atau bahkan lebih? Dan pernahkah Anda menyesali pilihan karier yang dijalani ketika menginjak usia tersebut?

Tak heran, mungkin Anda baru menyadari hal tersebut ketika menginjak usia 30, dimana seharusnya mulai memikirkan keuangan keluarga dan lainnya. perkembangan psikologi usia dewasa, pada rentang usia 35-43 tahun, seseorang mengalami periode urgensi untuk mencapai tujuan hidup.

Seorang penulis dan psikolog, Dr Marcia Reynolds,  wanita akan selalu merefleksikan karier dan pilihan hidup mereka ketika ingin memasuki dekade hidup yang baru.

Dari sekian banyak wanita yang memasuki usia 30 tahun, akan cenderung fokus pada kebahagian hidup jangka panjang, daripada mencari penghasilan yang lebih tinggi.

Jika Anda termasuk kumpulan orang yang ingin melakukan perubahan karier ketika menginjak usia 30, hal ini bukan sesuatu yang mustahil. Berikut adalah langkah-langkah yang harus diperhatikan :

1. Rencanakan keuangan Anda

Ketika menginjak usia 30, Anda mungkin harus mulai membuat komitmen dan rencana keuangan yang matang. Belajar dari Tahun lalu, coba untuk menabung 3 bulan gaji untuk dana darurat. Anda mungkin berpikir waktu tenang di sekitar tahun baru adalah kesempatan yang baik untuk berhenti, mundur dan menilai tahun Anda. Atau mungkin Anda merasa sedikit gelisah, seperti jika Anda tahu ada sesuatu yang lebih atau berbeda yang harus Anda lakukan. Jika Anda ingin melakukan pinjaman, lakukan saat Anda masih menjadi karyawan di perusahaan yang lama. Biasanya, bank akan melihat riwayat gaji karyawan selama 3 tahun ke belakang.

2. Lakukan penelitian

Anda melihat semua blogger dan artis media sosial sekarang, ini akan menjadi sebuah motivasi untuk mengganti pilihan karier dan mengikuti passion dalam hidup. Namun, ketika memutuskan untuk menjalani pekerjaan yang kita sukai, Anda harus mencari tahu apa yang benar-benar menjadi passion Anda.

Lakukan penelitian kecil tentang bidang yang Anda ingin masuki sebelum benar-benar memutuskan terjun ke dalamnya. Profesi buruk bisa menjadi penyebab sakit mental. Secara jumlah: 45 persen dari peserta memiliki kepuasan kerja secara konsisten rendah, dan 23 persen yang memiliki kepuasan terus menurun dibandingkan awal karir mereka. Hanya 15 persen secara konsisten menyukai pekerjaan mereka, dan 17 persen cenderung meningkat dari waktu ke waktu.

3. Jangan remehkan networking

Banyak orang yang malu dan enggan melakukan networking (membuat sekelompok kenalan dan rekan melalui komunikasi untuk saling menguntungkan). Membangun jaringan adalah hal penting ketika Anda ingin membuka suatu kesempatan bisnis baru. Apalagi jika Anda membutuhkan jaringan untuk mengenalkan karier baru kepada dunia.

4. Ingat, kesuksesan tidak terwujud dalam satu malam

Mungkin ketika Anda membuat suatu bisnis baru, rencana proyek 2 tahun terlihat sangat lama untuk mencapai hasil. Namun ketika Anda mengerjakan dengan penuh semangat, lihat ke belakang dan cek apa yang telah Anda capai hanya dalam waktu 2 tahun.

Untuk hasil lebih optimal, coba bicarakan dengan psikolog yang tepercaya. Dengan begini, Anda bisa mendiskusikan minat vocational Anda, sesuai bakat, keterampilan, dan peluang yang ada di depan.

Selamat berjuang dalam menggali potensi diri demi meraih karier/kerja yang paling sesuai bagi Anda1441139p

 

 

Share this post

Post Comment