Tips Untuk Menghemat Kuota Internet di Android

Tips Untuk Menghemat Kuota Internet di Android

Saat ini hampir dapat dipastikan semua pengguna Android memanfaatkan internet untuk melakukan beragam aktivitas, mulai dari bermain game, berkirim pesan, bermain instagram, path, facebook, youtube, dan media sosial lainnya.

Beragam kegiatan tersebut kadang-kadang membuat seseorang merasa selalu kekurangan kuota data internet. Itu tentu saja akan berimbas pada pengeluaran untuk kebutuhan internet.

Namun dengan beberapa langkah sederhana, pengguna Android sebenarnya dapat melakukan penyesuaian agar konsumsi datanya tidak terlalu besar.

  • Mengaktifkan fitur hemat data di peramban (browser)

Salah satu kekhawatiran ketika mengakses internet melalui peramban Chrome adalah banyaknya kuota yang akan dihabiskan. Namun, ternyata peramban khas android tersebut memiliki fitur data server yang dapat menghemat penggunaan data. Ketika fitur ini diaktifkan, chrome akan mengurangi ukuran dan gambar yang ditampilkan di perangkat anda. untuk mengaktifkannya, pengguna cukup membuka ‘Settings’ di chrome, lalu pilih ‘Data Saver’ dan geser ke posisi aktif.

  • Mengatur data yang disinkronisasi

Disini pengguna dapat membatasi proses sinkronisasi dengan membuka aplikasi setting, pilih accounts lalu tentukan akun google yang digunakan. Setelah itu, matikan layanan yang jarang digunakan. Meskipun layanan semacam ini tak menghabiskan begitu banyak kuota internet, keputusan untuk mematikan beberapa layanan agar tidak selalu tersinkronisasi juga dapat menghemat daya baterai.

  • Mengapus aplikasi Facebook

Salah satu aplikasi yang diketahui mengonsumsi data cukup besar adalah Facebook. Sebagai alternatif, pengguna dapat mengakses facebook dari situs mobile yang tentu lebih ramah kuota data dan hemat daya.

  • Batasi penggunaan data yang berjalan di background 

Ketika mengaktifkan fitur ini, kebanyakan aplikasi hanya benar-benar berjalan saat ponsel sedang digunakan atau terhubung dengan jaringan Wi-Fi. Untuk mengaktifkannya, cukup membuka aplikasi settings, kemudian pilih ‘Data Usage’. Pilih tombol menu dipojok kanan dan pilih Restrict background data, lalu centang Ok.

  • Kurangi kualitas streaming 

Layanan streaming sudah tentu dibarengi dengan konsumsi data lebih besar. Namun, bukan berarti tidak bisa menikmati layanan streaming secara tenang tanpa khawatir kehabisan kuota. Umumnya, beberapa aplikasi sudah menawarkan opsi penghematan penggunaan data. Hanya, ketika mengaktifkan fitur ini untuk menonton video, kualitas yang ditampilkan jelas akan mengalami penurunan.

Yuk mulai sekarang praktek tips-tips di atas tersebut, supaya tidak boros kuota. ^^

 

Share this post

Post Comment